Home » News » Ardhito Pramono Rilis Lagu Anak “Something New”, Katanya Terinspirasi Dari Gempi!
Ardhito Pramono Rilis Lagu Anak “Something New”, Katanya Terinspirasi Dari Gempi!


Ardhito Pramono, penyanyi sekaligus aktor, baru saja merilis lagu baru. Berbeda dari biasanya, kali ini Ardhito merilis lagu untuk anak-anak!

Pada Rabu 14 April 2021, Ia pun meluncurkan single pertama lagu anak-anak “Something New” di beberapa platform digital. Lagu ini merupakan salah satu lagu anak yang nantinya akan menjadi satu album berjudul Semar & Pasukan Monyet dalam project yang dinamakan Ardhito Pramono for Kids.

“Something New” hadir sebagai single pembuka album tersebut. Lagu ini terdengar seperti lagu folk akustik. Hal ini dilakukan Ardhito karena ditujukan sebagai jembatan menuju dunia anak yang festive dan ceria.

Lagu ini akan membawa anak berimajinasi seolah-olah sedang pergi ke hutan dan menemui berbagai hewan yang ada di sana.

“Membuat karya untuk anak ini merupakan salah satu proses kreatif paling menyenangkan buat saya. Melalui EP ini, saya ingin memperkenalkan dan mengingatkan kembali betapa kayanya kita dengan cerita-cerita asli Indonesia,” kata Ardhito

Pengemasan lagu dengan musik swing yang memiliki alunan nada sederhana sehingga mudah untuk diikuti oleh anak-anak. Dalam lagu ini juga Ardhito seolah ingin menyelam ke dalam imajinasi anak-anak yang penuh dengan khayalan dan kreativitas.

Lagu ini dirilis sebagai singel di bawah naungan label Sony Music Entertainment.

Terinspirasi dari Gempita.

Ardhito Pramono mengatakan keinginan­nya untuk membuat single anak-anak itu muncul dari keprihatinannya atas kurangnya lagu anak. Akan tetapi, penyanyi yang sering disapa Ditho itu baru ya­kin untuk merilis album berisikan lagu anak sejak Gempita Nora Marten atau Gempi, yang merupakan anak dari Gading Marten dan Gisella Anastasia , mengaku menyukai lagu-lagu­nya.

”Sebenarnya kalau kemauan sudah dari dulu, tapi baru yakin saat Gempi ngedengerin lagu gue, terus ha­bis itu dia ternyata juga ngulik, dia juga hapal liriknya,” ungkap Ardhito.

Ketika mengetahui ada seorang anak kecil yang menghapal lirik dari lagu-la­gunya, Dhito berpikir bahwa tidak seharusnya anak kecil men­dengarkan lagu-lagu orang dewasa.

”Harus diperhatikan ya calon-calon penerus bangsa ini, seperti angkatannya Gempi, generasi-generasi temannya Gempita itulah yang harus dikasih edu­kasi yang benar kalau nggak lagu-lagu dewasa akan terus masuk ke kuping mereka dan itu menyedihkan,” kata penyanyi berusia 22 tahun itu.

Melakukan riset lagu anak dulu!

Untuk menggarap lagu anak, Ardhito Pramono mencoba melakukan riset se­bulan pada keponakannya yang masih balita. Dari pengamatannya itu, dia me­nyadari anak-anak cenderung menyukai lagu-lagu dengan nada swing dan lirik yang diulang-ulang.

“Sebenarnya gue su­dah melakukan beberapa re­search untuk lagu anak, gue ngelia­tin pona­kan gue, apa yang dia suka, apa yang dia ng­gak suka, lagu apa yang dia suka, itu kan repetisi yang selalu dilakukan penyanyinya. Me­reka suka repetisi-repetisi itu dan itulah yang dilakukan oleh musisi jazz yang ada, bahkan lagu jazz yang gue bikin isinya full repetisi semua dari progresi­nya,” kata Ditho

”Akhirnya memberanikan diri deh tuh, bikin lagu-lagu yang banyak bahan-bahan yang gue masukin situ. Ada isunya juga, isunya tentang lingkungan. Akhirnya pas didengerin sama ponakan gue, joget-joget aja sih,” tambahnya.

Ardhito udah keren, makin keren aja ya insan muda! Semoga nantinya ada lagu anak ini bisa menjadi titik terang lagu anak-anak Indonesia ya.
Tapi jangan lupa juga untuk rikues lagu Ardhito kesukaan insan muda di 105.9 fm Ardan Radio Bandung yaa~~

source photo: Instagram/Ardhitopramono

AA21