Home » News » Rara Sekar Rilis Single “Kebun Terakhir” Sebagai Pengantar Menuju Debut EP Kenduri
Rara Sekar Rilis Single “Kebun Terakhir” Sebagai Pengantar Menuju Debut EP Kenduri


Solois wanita, Rara Sekar Larasati baru saja merilis single terbarunya berjudul “Kebun Terakhir“. Hadirnya lagu ini menjadi karya keduanya di bawah proyek solo yang ia jalankan, hara.

Sebelumnya, musisi 30 tahun ini mengawali karier musiknya bersama grup folk Banda Neira pada 2012, bersama gitaris Ananda Badudu.

Selepas menginggalkan Banda Neira, Rara Sekar membuat proyek lain bersama dua musisi perempuan Danilla Riyadi dan Sandrayati Fay, bertajuk Daramuda. Identitas musik yang ia bawakan juga cukup berbeda, karena membawa inspirasi folk yang dipadukan dengan neo-klasik dan post-rock.

Proyek hara menjadi ruang baru untuk kakak dari Isyana Sarasvati dalam bereksperimen warna musiknya. Kabarnya, lagu “Kebun Terakhir“ akan masuk ke dalam debut EP-nya berjudul “Kenduri” yang akan rilis 7 Juni 2021 mendatang.

lagu ini menceritakan tentang harapan untuk terus bertahan. Dilansir dari Bandcamp, hara menjelaskan bahwa Kebun Terakhir adalah tentang harapan yang terus bertahan, sekecil apapun, selama penderitaan, dan terinspirasi oleh perjuangan para petani Indonesia dalam mempertahankan tanahnya.

Lagu ini sederhana dan tentunya dengan mudah pesan dapat diterima oleh para pendengar. Dalam penggarapannya hara turut dibantu oleh Febrian Muhamad (Layur & Seruak) dalam hal produksi, dan Putu Deny Surya yang bertanggung jawab untuk urusan mastering, single “Kebun Terakhir” dirilis melalui label rekaman Akar Wangu Records, dan REDROSE Records untuk distribusi digitalnya

Sebelumnya, Rara Sekar juga memulai proyek solonya dengan lagu “Ati Bolong” pada 22 Oktober 2020 lalu. Lagu Jawa karya almarhum Ki Slamet Gundono, wayang suket asal Tegal ini diaransemen ulang olehnya.

“Ati Bolong” merupakan sebuah cerita tentang kemurnian cara pandang anak kecil terhadap dunia dan bagaimana cara pandang itu dapat menghubungkan kesadaran mikrokosmik dengan kesadaran makrokosmik seorang manusia.

Lagu “Ati Bolong” juga akan ikut masuk ke dalam EP “Kenduri” bersama lagu “Kebun Terakhir” dan akan rilis sepenuhnya pada 7 Juni 2021 mendatang.

Nih yang gasabar sama EP Kenduri, mending rikues dulu yuk single Kebun Terakhir ke 105.9 fm Ardan Radio Bandung^_^

Source: Instagram/Rarasekar

AA21